7 Jan 2017

Penyebab Motor Vixion Mati Sendiri atau Mogok

Assalamu'alaikum Saudara/i saya yang baik hati dan tidak sombong...

mungkin saudara/i sekalian pernah mengalami kejadian dimana motor, terutama motor vixion yang anda gunakan tiba-tiba berebet (bahasa sansekerta :D) alias tersendat-sendat seperti motor mau kehabisan bensin.

ketika mengalami kejadian seperti itu, kita panik, bukan?
ya pastilah. apalagi kalo saat itu kita berada di lampu merah yang akan berubah jadi lampu hijau. tentu orang yang dibelakang kita akan meng-klakson kita dari belakang :D

baiklah, pasti saudara/i bertanya-tanya, apa sih penyebabnya?
penyebabnya adalah sistem injeksi motor kita yang sudah mulai rusak. KOK BISA? iya, dikarenakan motor saudara/i sering kehabisan bensin. semakin sering bensin motor injeksi kita kehabisan bensin, maka umur injeksi dan pulpam bensin anda akan semakin pendek.
gak percaya? coba aja. kali ini sampel saya adalah motor injeksi (Vixion).

menurut kepala mekanik yang kemaren memperbaiki motor saya, bensin yang harus ada didalam tangki motor injeksi adalah sekurang-kurangnya 1 liter bensin. dan untuk memperkuat umur pulpam bensin, kita disarankan menggunakan pembersih tangki motor setiap 3 bulan sekali. saya lupa nama cairan nya :D. nantinya cairan itu merupakan cairan yang dikemas didalam botol. 1 botol itu untuk motor vixion yang terisi bahan bakar full satu tangki. kegunaanya adalah untuk membersihkan kerak-kerak yang ada didalam tangki kita. karena gak selamanya bahan bakar yang kita masukkan kedalam tangki merupakan bahan bakar yang bebas dari sampah-sampah kecil. atau bisa juga karena tutup tangki yang sudah longgar, sehingga air hujan yang bisa masuk kedalam tangki dan tercampur dengan bahan bakar yang ada didalamnya.

SOLUSINYA ?

iya, solusinya adalah dengan mengganti injeksinya. kalo kemaren sya ganti injeksi sekitar 700 atau 800 ribuan gitu lah...
sebelum mengganti injeksi, ketika motor saya mogok, saya kira penyebabnya adalah aki nya yang udah rusak atau soak, ternyata enggak.
kemudian saya bawa ke bengkel, katanya kiprok nya yang kena. yaudah saya ikutin, ternyata masih ngulah juga.
kemudian saya bawa kebengkel yang lain, dia bilang batrainya lagi. dan saya bodohnya masih ngikutin kata-kata mereka, dan akhirnya saya kecewa untuk kesekian kalinya.
setelah itu katanya yang rusak adalah sepul nya. karena masih berharap, akhirnya saya ikutin dan saya ganti sepulnya. dan hasilnya NIHIL.

saya hampir putus asa, dan ingin menjual motor saya. namun tuhan berkehendak lain. saya coba bawa ke bengkel resmi yamaha. dan menurut mereka penyebabnya adalah injeksinya udah terserang...
dan ternyata benar. setelah injeksinya diganti, akhirnya motor saya bisa hidup normal lagi.

jadi, saran saya, rawatlah motor injeksi saudara/i dengan sebaik-baiknya. terutama bahan bakarnya. JANGAN sampai dibawah 1 liter.

OK, sekian dulu ya...soalnya capek ngetik mulu dari tadi :D
Semoga ilmu dan pengalaman ini bisa bermanfaat bagi khalayak ramai ;)

Wassalamu'alaikum ;)

1 comment: